Bendera Partai Demokrat – Sebuah Perjalanan Sejarah

Walaupun sebenarnya website ini bukanlah sebuah website yang bertemakan politik. Namun adalah sebuah website yang menyediakan jasa pembuatan bendera – bendera dengan harga yang mantap termasuk bendera partai politik dengan kualitas tinggi, maka tidak ada salahnya jika kita sedikit berbicara dan membahas mengenai partai Demokrat. Sebuah partai yang mana sudah nyaris delapan tahun berkuasa di Republik Indonesia tercinta ini. Sebuah partai yang mana logo dan bendera partai demokrat sering kita lihat mengisi jalan – jalan dan keseharian kita. Membuat kita ingin mengetahui lebih jauh mengenai partai ini. Apa dan bagaimana partai tersebut dibentuk, dan juga arti dari bendera partai demokrat. Setidaknya hal ini mungkin bisa menambah wawasan kita dalam rangka mempersiapkan diri menuju ke Pemilu Presiden RI yang akan diselenggarakan tahun depan.

Bendera Partai Demokrat – Partai Demokrat dan Angka 99

Partai Demokrat terlahir atas inisiatif bapak Susilo Bambang Yudhoyono atas dasar kegagalannya dalam pemilu tahun 2001 silam sebagai cawapres. Walau demikian hasil pooling publik menunjukkan bahwa SBY adalah seseorang yang memiliki karisma ditengah – tengah masyarakat yang saat itu masih belum bisa terlepas sepenuhnya dari bayang – bayang sang Maestro, yakni mantan presiden kedua Republik Indonesia (alm.) Soeharto. Melihat kepopuleran SBY kala itu, beberapa orang membantu pak SBY memprakarsai pendirian sebuah partai, dan kelengkapannya termasuk bendera partai demokrat, yang mana, partai tersebut nantinya akan digunakan sebagai kendaraan politik oleh beliau menuju kepada kursi Indonesia 1. Semenjak saat itu berbagai rapat dan pembicaraan pun dilakukan oleh SBY beserta tim yang juga secara insentif melakukan berbagai langkah dan persiapan untuk pendirian sebuah partai politik, juga persiapan logo serta bendera partai demokrat.

Guna melengkapi persyaratan pendirian partai yang mana telah diatur undang – undang ketatanegaraan, bahwasanya partai harus memiliki minimal 50 orang pendiri, dan juga kelengkapan partai seperti lambang dan juga bendera, dalam hal ini bendera partai demokrat. Maka tim pun mempersiapkan itu semua. Untuk jumlah anggota salah satu tim mengusulkan agar jumlah anggota menjadi 99 orang, agar sesuai dengan ulang tahun dari Susilo Bambang Yudhoyono, yakni tanggal 9 September.

Sementara itu anggota tim yang lain mempersiapkan beberapa hal yang lain termasuk bendera partai demokrat. Kemudian tepat di hari ulang tahun SBY, mereka mendaftarkan partai tersebut dihadapan Notaris. Hadir pada saat pengesahan 53 orang pendiri, sementara sisanya menitipkan surat kuasa. Maka dari tanggal 9 Oktober, Partai demokrat sah secara hukum menjadi salah satu partai politik di Indonesia. Berdasarkan keputusan menteri kehakiman tertanggal 25 September 2001.

Arti Dari Bendera Partai Demokrat

Partai selalu memiliki visi, misi, dan juga beragam pernak pernik yang lainnya. Begitu pula dengan partai yang memiliki semboyan “Utamakan Kepentingan Rakyat” tersebut. Bendera Partai Demokrat memiliki ciri khas berupa lambang segitiga berbentuk bintang dengan garis merah dan putih yang bergantian, dan latar belakang Biru Tua dan Biru Laut.

Bendera Partai Demokrat ini tidak hanya berfungsi sebagai bendera begitu saja, namun juga memiliki pengertian filosofi dari setiap bagian yang ada di bendera partai demokrat tersebut. Seperti bintang bersinar melambangkan tiga kesatuan partai yakni, humanisme, pluralisme, dan religius nasionalis. Kemudian warna merah putih pada bintang tersebut mewakili warna lambang bendera negara.

Sementara itu untuk latar belakang pada bendera Partai demokrat yakni warna biru juga memiliki pengertian yang cukup dalam yakni biru laut melambangkan kedamaian dalam kehidupan serta akhir aliran sungai yang membaur. Dan terakhir warna biru tua melambangkan sikap tegas, mantap, dan terpercaya.

Kehadiran partai, demokrat lepas dari citra positif atau negatif dari partai tersebut, tentunya mewarnai keindahan demokrasi di negeri kita ini. Setidaknya, pada saat pemilu, kita bisa melihat lebih banyak keindahan warna warni dari masing – masing bendera partai politik. Termasuk keberadaan bendera partai demokrat yang telah memimpin negara ini selama hampir delapan tahun.